RAHASIA BAGAIMANA MENCAPAI BERAT BADAN IDEAL ANDA DENGAN SEHAT, EFEKTIF DAN PERMANEN (Review dari Blog Lain)

13 02 2009

img091

Anda Bosan dengan diet “yo-yo”?
Tidak bisa menahan rasa ingin ngemil?
Sudah mencoba segala cara tapi tidak berhasil?
Wanna Look Good and Feel Good?
Atau mau masuk Diklapa tapi tidak percaya diri?

Dalam paket informasi ini, anda akan mendapatkan informasi lengkap apa yang akan anda perlukan untuk mencapai berat ideal yang anda inginkan. Dalam panduan ini anda akan mendapatkan step by step tepatnya apa yang perlu
anda lakukan untuk mencapai impian anda. Saya tahu kalau anda mungkin pernah mencoba berbagai macam cara untuk menurunkan berat badan dari cara-cara yang biasa sampai cara-cara yang mungkin tidak masuk akal.

Mengapa Kita Naik Berat Badan?
Saya akan berbicara lebih simpel dan sederhana. Apa yang terjadi pada diri kita dalam segi kesehatan, berat badan dan segala aspek kehidupan anda, sebagian besar adalah disebabkan karena KEBIASAAN anda dalam beberapa tahun kebelakang. Atau orang biasanya menyebut dengan HABIT!
Sebagai contoh, orang yang memiliki masalah jantung koroner adalah disebabkan salah satunya karena kebiasaan merokok yang telah bertahun-tahun dilakukan. Yang artinya, orang tidak langsung terkena masalah jantung koroner hari ini karena menghisap satu batang rokok kemarin. Kalau kita merokok satu batang rokok kemudian langsung terkena jantung koroner, kita pasti akan berhenti merokok dengan segera. Tapi sayangnya akibat dari kebiasaan kita biasanya tidak akan muncul untuk beberapa masa ke depan. Jadi orang merasa bahwa merokok hari ini nampaknya
tidak akan menimbulkan masalah apa-apa untuk saat ini, dan akhirnya mereka menjadikan kebiasaan merokok tersebut sebagai HABIT! Sama halnya dengan berat badan atau kesehatan yang kita miliki saat ini.

Saya akan berikan gambaran mengapa anda naik berat badan
Badan kita terdiri dari milyaran sel yang pada dasarnya setiap sel di dalam tubuh kita membutuhkan nutrisi atau gizi yang terbaik supaya bisa menjalankan fungsinya dengan baik pula. (mirip seperti kalau anda punya mobil Mercedez Benz, anda akan memberikan bensin yang terbaik, oli yang terbaik dsb). Tapi berbeda dengan mobil, badan kita tidak ada spare part atau suku cadangnya. Kalau ginjal kita rusak, tidak ada orang yang jualan ginjal di toko.
Nah, kalau badan kita membutuhkan gizi yang tebaik, sekarang mari kita lihat apa yang kita makan sehari-hari.

Apa yang kita makan sehari-hari biasanya:
1. Terlalu banyak Lemak
2. Tinggi Kolesterol (kita semua suka apapun yang digoreng)
3. Terlalu banyak gula
4. Terlalu banyak garam
5. Terlalu banyak protein hewani
6. Kurang Vitamin, mineral yang dibutuhkan tubuh
7. Kurang air putih
8. mengandung karsinogen (zat yang timbul karena proses memasak seperti dibakar atau dipanggang. Zat ini yang      dapat memicu timbulnya masalah seperti kanker)
9. Kurangnya Aktifitas
Sekarang, mengapa kita makan makanan seperti diatas?
1. Kenyamanan. Sekarang sebagian besar orang tidak punya waktu untuk memasak. Kita lebih memilih makanan yang siap saji atau cepat saji yang biasanya sudah tidak memiliki kandungan gizi
2. Rasa. Kita memilih makanan berdasarkan rasa. Bukan kandungan nutrisi. Sebagai contoh kita selalu tanya ke orang “restoran yang enak dimana ya?” bukannya “restoran yang bergizi dimana ya?” Makanan yang enak biasanya memiliki kadar nutrisi yang rendah.
3. Kita tidak tahu apa yang seharusnya kita makan

Ditambah lagi dengan faktor lingkungan seperti:
1. Buah-buahan dipetik sebelum matang yang membuat nilai nutrisinya belum sempurna
2. Terlalu banyak pemupukan
3. Pestisida
4. Polusi
Intinya adalah apa yang kita makan tidak memiliki keseimbangan nutrisi yang dibutuhkan. Dalam jangka panjang orang akan memiliki masalah dengan berat badan dan kesehatan. Seperti yang dijelaskan oleh Badan Kesehatan Sedunia atau WHO, 70% kematian dini saat ini disebakan oleh masalah sepert diabetes, jantung, stroke, dan kanker.
Lebih jauh, WHO mengatakan kalau 50% penyebabnya adalah nutrisi yang buruk atau lebih simpelnya adalah Makanan yang kita makan sehari-hari. Jadi seperti yang saya katakan, keadaan anda saat ini adalah karena HABIT atau kebiasaan anda selama bertahun-tahun anda lakukan.

Melihat Sejarah Kenaikan Berat Badan Anda

Salah satu cara terbaik untuk melihat masa depan anda adalah melihat masa lalu anda. Cara terbaik untuk melihat apa yang akan terjadi dengan berat badan anda adalah dengan menanyakan kepada diri anda hal-hal berikut :
1. Berapa berat anda saat ini?
2. Berapa berat anda 5 tahun yang lalu?

Sebagai contoh, jika berat badan anda saat ini adalah 70 kg dan 5 tahun yang lalu berat badan anda 55 kg.
Seperti apa yang saya jelaskan diatas, kenaikan berat badan anda adalah karena HABIT. Meskipun ada beberapa orang yang naik secara drastis karena proses kehamilan, yang penting adalah apa yang menjadi habit anda selama masa kehamilan yang 9 bulan itu.

Apakah anda banyak ngemil makanan yang tidak sehat?
Terlalu banyak makan yang sebetulnya tidak dibutuhkan?
Sekali lagi adalah Kebiasaanlah yang membuat keadaan anda saat ini. Jadi seperti contoh diatas, artinya dalam 5 tahun terakhir anda naik berat badan 15 kg (70kg – 55 kg). Jika anda tidak merubah kebiasaan anda selama 5 tahun terakhir, berat badan anda 5 tahun kedepan dapat diperkirakan akan naik extra 15 kg lagi!
Dan kemungkinan besar anda akan mulai banyak mengalami masalah dengan kesehatan anda.
Jadi saat ini adalah saat yang tepat untuk memulai kebiasaan baru yang akan merubah penampilan anda selamanya!

Berapakah Berat Badan Ideal Anda?
Banyak cara yang pernah kita dengar bagaimana untuk mengetahui berat ideal kita. Saya akan tunjukkan satu cara untuk menentukan berat ideal anda, dan cara ini dijadikan standar oleh WHO untuk menentukan berat badan ideal sesorang. Mereka menyebutnya Body Mass Index (BMI)
Bagaimana menghitung BMI anda? Sangat sederhana. Anda bagi berat badan anda dalam kg dengan tinggi badan anda dalam satuan meter yang dikwadratkan.
Contoh: tinggi ada 160 cm dan berat anda 75 kg
BMI anda adalah 75kg / (1,6 x 1,6)
Anda akan mendapatkan nilai 29,29 yang menjadi BMI anda.
Berikut adalah standar BMI untuk orang asia
Jika BMI anda <18 Anda kekurangan berat badan atau terlalu kurus
18,5 – 22,9 Anda memiliki badan yang ideal
23 – 25 Anda kelebihan berat badan (over-weight)
>25 Anda disebut sebagai Obesitas yaitu kegemukan yang berbahaya untuk kesehatan
Jadi dari contoh diatas, jika BMI anda 29,29 artinya anda termasuk kategori obesitas.
Silahkan cek BMI anda sekarang!

Mengapa Sebagian Besar Cara-cara Turun Berat Badan Tidak Berhasil dan Mengapa Hasil Penurunannya Tidak Permanen?

Apakah anda pernah berpikir mengapa anda sulit menurunkan berat badan? Dan apakah anda pernah berpikir mengapa hasil yang anda dapatkan tidak permanen? OK, sekarang anda bisa melihat di pasaran banyak sekali orang yang menawarkan program penurunan berat badan. Dari yang terdengar menakjubkan sampai yang menawarkan hasil yang instant.

Saya akan katakan 1 rahasia: Tidak ada penurunan berat badan yang instan! Menurunkan berat badan memerlukan suatu proses dan proses tersebut menuntut ketekunan dan motivasi yang besar dari diri anda!
Nah, sekarang mengapa cara-cara yang umum dilakukan orang tidak berhasil? Seperti yang saya jelaskan sebelumnya, badan kita memerlukan nutrisi yang sempurna untuk menjalankan aktifitas kita sehari-hari. Sebagian besar cara penurunan berat badan berhubungan dengan tidak makan atau menahan nafsu makan atau dengan cara-cara radikal dimana nafsu makan kita ditekan yang membuat kita merasa tidak ingin makan.
Ini adalah rahasia terbesar: Menahan lapar atau menekan nafsu makan adalah CARA TERBURUK dalam sejarah penurunan berat badan! Mengapa?

Komitmen Anda
Sebelum saya berikan solusinya, anda harus membuat suatu komitmen untuk diri anda sendiri untuk memiliki kehidupan yang lebih baik, berat badan yang ideal dan kesehatan yang optimal. Komitmen anda adalah yang terpenting. Seperti yang saya katakan, ini adalah suatu proses dimana anda perlu kesabaran, dan ketekunan! Jika anda belum memiliki komitmen tersebut, jangan pernah berpikir untuk memulai! OK, sekarang anda buat komitmen anda dan lakukan sekarang juga!

Berapa berat anda saat ini?
Berapa berat ideal yang anda inginkan?
Berapa ukuran baju anda saat ini?
Berapa ukuran baju yang anda inginkan?
Berapa ukuran celana anda saat ini?
Berapa ukuran celana yang anda inginkan?
Bagaimana dengan kesehatan anda saat ini?
Tuliskan komitmen anda di selembar kertas dan share atau bagikan komitmen anda pada orang yang anda sayangi dan peduli kepada anda karena mereka akan membantu anda selama proses penurunan berat badan anda
Sudah anda lakukan? (Penting untuk anda lakukan!)


3 Rahasia Bagaimana Mencapai Berat Badan Ideal Anda
dan Mempertahankan Hasilnya! Guaranteed!

Setelah anda belajar hal-hal di awal tadi, ini adalah apa yang perlu anda lakukan:
Rahasia No 1. Nutrisi Yang Seimbang
Nutrisi yang seimbang adalah inti dari penurunan berat badan anda. Seperti yang saya jelaskan, tidak mudah mendapatkan nutrisi yang seimbang. Problem anda adalah anda tidak akan pernah punya waktu untuk menanam sendiri makanan anda, hidup di kawasan tanpa polusai dan memasak sendiri semua makanan anda berdasarkan apa yang dibutuhkkan badan anda setiap hari. For me it sounds like mission impossible ☺
Apa yang akan saya lakukan adalah saya akan sarankan pada anda suatu program yang akan memenuhi kebutuhan nutrisi anda saat anda mulai program anda.

Rahasia No 2. Gaya Hidup Aktif
Yes, anda harus menjadi orang yang aktif! Alasannya? Badan anda akan membakarkalori lebih banyak sehingga anda akan mencapai badan ideal anda lebih cepat. Saya tidak meminta anda untuk berolah raga. WHO menyarankan anda untuk lebih aktif. Ini adalah beberapa contoh kegiatan yang anda bisa lakukan:
1. Parkir mobil anda di tempat yang lebih jauh atau jika anda naik kendaraan umum berhenti sebelum tujuan, dan berjalan kakilah ke tujuan anda
2. Daripada naik lift, lebih baik naik tangga
3. Cuci pakaian anda sendiri
4. Menyapu, Mengepel geladak dan menyopen kapal sendiri
5. Melaksanakan perbaikan pompa atau motor sendiri (bongkar pasang)
6. Dan banyak hal lain yang anda bisa lakukan, yang intinya anda harus bergerak!
Tentunya jika anda suka berolahraga atau pergi ke Gym, akan lebih baik, dengan catatan anda harus membuat olahraga anda menjadi Lifestyle atau gaya hidup anda seterusnya, bukan hanya 1 atau 2 bulan saja. Ingat semuanya adalah masalah HABIT! Lakukan sesuatu yang anda bisa kerjakan dengan konsisten
Rahasia No 3. Memperbaiki Pola Makan Anda
Ok, mari kita akui, memilih makanan yang perlu anda makan dan yang tidak seharusnya tidak anda makan adalah pekerjaan yang sangat rumit. Ditambah lagi jika anda harus menghitung kalori yang masuk atau terkandung dalam suatu makanan. In short IT’S NOT FUN!
Tapi tentunya saya akan ajarkan suatu panduan sederhana dimana semua orang bisa melakukannya dengan simple tanpa membuang waktu mereka menghitung kalori.
Ini adalah panduannya:
1. Kurangi Racun Putih
Apa kitamakan racun? Ya, tapi bukan yang langsung membunuh anda.
Beberapa contohnya adalah nasi, gula, garam, karbohidrat yang buruk seperti tepung, roti, mie, pasta. Yang saya maksudkan bukan Menghilangkan, tapi Mengurangi
2. Perbanyak makan buah-buahan dan sayuran.
Sayuran adalah sumber karbohidrat yang baik.
3. Perbanyak Protein
Seperti tahu, tempe, putih telur, daging ayam (dada), ikan. Kurangi daging sapi, kambing, babi.
Protein akan membantu anda merasa kenyang lebih lama dan akan membentuk otot yang akan meningkatkan metabolisme anda.
4. Kurangi alkohol, merokok
Simple bukan? Jadi makanan anda sehari-hari harus memiliki komposisi diatas.
Tantangan no 1 anda adalah menemukan nutrisi yang tepat untuk badan anda. Dalam informasi ini saya akan sarankan suatu program nutrisi yang saya gunakan secara pribadi bersama dengan keluarga saya untuk mendapatkan hasil yang maksimum.
Berapa Lama Waktu Yang Anda Perlukan Untuk Mencapai Berat Badan Ideal Anda?
Sebagai aturan umum, berat badan anda akan turun antara 3-5 kg per bulan. Jadi misalkan anda perlu turun 10 kg, anda akan perlu waktu kira-kira 3 bulan untuk menurunkan kelebihan berat tersebut. Saat berat anda mencapai berat ideal, badan anda perlu waktu untuk menyesuaikan dengan berat yang baru dan melupakan metabolisme yang lama. Anda perlu mempertahankan hasil yang anda capai.
Berapa lama waktu yang anda butuhkan untuk mempertahankan?
Waktu utk mempertahankan = Waktu yg digunakan utk turun berat badan. Jadi jika anda perlu waktu 3 bulan untuk menurunkan berat badan, anda akan memerlukan extra 3 bulan lagi untuk mempertahankan berat badan anda yang baru,setelah itu anda tidak akan naik-naik lagi.
Hal-Hal Yang Memperlambat Penurunan Berat Badan Anda
Yes, sure ada beberapa hal yang akan memperlambat penurunan berat badan anda,
dibawah ini adalah beberapa:
1. Kurang minum air putih. Anda harus minum 8-12 gelas air putih per hari
2. Masih suka nyemil atau berada di lingkungan yang tidak mendukung
3. Penggunaan program KB seperti suntik atau pil
4. Terlalu banyak alkohol, gula, lemak, garam
5. Terkadang anda tidak turun dalam hal Kg tapi anda akan mengecil dari segi lingkar-lingkar atau centimeter.
Anyway, semua halangan diatas sebagian besar bisa anda atasi kalau anda memang
serius dan punya keinginan kuat untuk menurunkan berat badan atau
mencapai kesehatan yang optimal. It is said Impossible is Nothing.

Best of Health
Healthy Lifestlyle
Franciscus Rado Wejo


Aksi

Information

12 responses

17 02 2009
Cahyo HG

Thanks ya mas atas informasi kesehatannya ya sangat bermanfaat buat diri kita karena KESEHATAN ADALAH MASA DEPAN YG SANGAT BERHARGA

21 02 2009
wiwitwp

Mas gur..gur.. pengen nurunin berat badan juga, persiapan diklapa yo mas & buat rekan2 semua, bisa….

27 02 2009
opik'tile

tips nurunin berat badan dah banyak……..
ada ngak yg punya tips nambah berat badan…….(he…..he…..he….)

26 02 2010
frans

tolong kirimin artikel2 yg buat sehat ya…thx

28 12 2010
nava andinia zoya

thanks ya??

30 06 2011
anisa

terima kasih infonya :)

25 12 2011
triea

kira2 berat bdn ideal itu nyampk berapa yaa????
karna saya blm mennyampai beratbadan ideal

25 12 2011
triea

tpi saya tidak suka sayur ,,

19 02 2012
Salma Rahmatika Darmawan

trus gimana kalau mau menambah berat badan….tinggi ku gak seimbang ama beratnya,,,tinggi badan 165cm,,,n beratnya hanya 42kg,,,

11 05 2013
physical therapy exercises

Very nice post. I just stumbled upon your weblog and wanted to say that I
have truly enjoyed browsing your blog posts. After all I will be subscribing
to your feed and I hope you write again soon!

17 05 2013
Rosemary

I’m really loving the theme/design of your blog. Do you ever run into any web browser compatibility problems? A small number of my blog visitors have complained about my site not working correctly in Explorer but looks great in Chrome. Do you have any solutions to help fix this issue?

2 08 2013
http://caciqueinc.com

Following I noticed the motion picture, I had to look at the dish and above the decades I have hopefully enhanced on the unique recipe I
identified. When a coating such as bread crumbs are applied to the meat the flavors
and coating will cover a greater amount of
the meat’s surface offering more of these flavors per bite. The final decision to use a roasting method to cook the chicken is a good one because this type of cooking will allow us to compose the item in one large single batch and place them on sheet pans for the oven.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: