Persahabatan Bagai Kepompong

23 02 2009

persahabatan

Persahabatan bagai kepompong
Mengubah ulat menjadi kupu-kupu
Persahabatan bagai kepompong
Hal yang tak mudah berubah jadi indah
Persahabatan bagai kepompong
Maklumi teman hadapi perbedaan
Persahabatan bagi kepompong


Dengan musik yang easy listening membuat lagu ini bisa langsung dinikmati saat kita pertama kali mendengarnya. Lagu yang dinyanyikan oleh grup sindentosca ini berlatarkan kisah persahabatan yang pastinya Kawan-kawan juga mengalaminya. Ya mungkin sama dengan persahabatan yang dialami sebagian besar Kawan-kawan, banyak hal yang kita alami di masa ini. Senang, sedih, marah perjuangan semuanya ada. Dan dalam lagu ini pun hal tersebut juga digambarkan.

Namun ada satu hal yang menarik dari lirik lagu ini. Penganalogian yang sangat manis dari kata persahabatan dengan kata-kata kepompong. Sebagaimana yang kita ketahui kepompong merupakan suatu fasa yang dialami oleh ulat untuk bermetamorfosis menjadi kupu-kupu. jika kita mendengar kupu-kupu maka yang terbayang adalah serangga yang indah yang terbang dari bunga satu ke bunga lainnya untuk mengisap madu.

Namun sebenarnya tidak semua kupu-kupu tersebut indah seperti apa yang kita bayangkan. Banyak juga dari mereka yang keluar dari kepompongnya dalam keadaan cacat dan tidak sempurna. Kupu-kupu yang cacat ini akhirnya tidak dapat bertahan dan akhirnya pun mati dengan sendirinya atau diserang oleh kawanan semut merah. Hal ini disebabkan dari keadaan kepompong yang dilalui setiap kupu-kupu. Jika kepompong yang dilalui adalah kepompong yang baik maka yang keluar adalah kupu-kupu yang indah sedangkan begi kepompong yang buruk dan rusak akan menghasilkan kupu-kupu yang cacat bahkan tidak akan menghasilkan apa-apa.

Jika kita tarik penganalogian tersebut ke dalam kehidupan manusia tidak lah jauh bahkan mirip. Setiap individu manusia akan melakukan pencarian jati dirinya. Individu yang sedang mencari jati diri ini lah yang bisa kita analogikan sebagai ulat. Dalam pembentukan jati diri individu manusia tentunya banyak hal yang mempengaruhinya, dan tentu saja yang paling besar adalah pengaruh lingkungannya. Dan lingkungan yang terdekat dari individu adalah lingkungan persahabatannya. Persahabatan di sini tidak lah sebatas sahabat dan teman. Namun bisa termasuk kedalamnya keluarga, pendidikan dan sebagainya.

Dalam proses persahabatan inilah jati diri individu di bentuk. Dan beruntunglah bagi individu yang memiliki persahabatn yang indah dan baik. Insya Allah jati diri yang terbentuk pada diri individu tersebut adalah jati diri yang indah, membangun dan bermanfaat. Sedangkan persahabatan yang penuh dengan kejelekan dan keburukan tentu akan menghancurkan bentuk jati diri individu tersebut. Dan hasilnya individu tersebut tidak menghasilkan keindahan dan manfaat. Tentu kawan-kawan bisa lihat sendiri fenomena ini dalam kehidupan Kawan-kawan.

Rasulullah pernah bersabda yang intinya, bergaulah dengan pedagang minyak wangi karena kita akan terbawa wangi juga. Dan jangan bergaul dengan pandai besi karena akan terkena baranya. dari sabda Rasul tersebut menekankan kepada kita untuk memperhatikan lingkungan pergaulan dan persahabatn kita.Tapi ada satu hal yang menarik, jangan terus-terusan kita jadi teman si tukang minyak wangi, karena suatu ketika si penjual minyak wangi tersebut pergi bau kita pun kembali asam. Tapi berusahalah menjadi si penjual minyak wangi karena kita akan selalu wangi meski bergaul dengan si pandai besi.

So Kawan-kawan mari kita bentuk kepompong kita(red:persahabatn) menjadi kepompong yang penuh dengan kebaikan dan manfaat.

for love and understanding.

Lettu Laut (T) Setyo Sayogo


Aksi

Information

9 responses

1 03 2009
Ludfy

Tahun ini kepompong-kepompong Moro Padma akan menginjak fase sepuluh tahun pertama, fase ini akan menjadi evaluasi qta yang pertama sebelum menuju dunia nyata dan si kupu-kupu terbang lebih jauh dari kepompong tempat asalnya.
Tetaplah qta menyadari bahwa si kupu-kupu membutuhkan bunga, butuh kupu-kupu lain, dan harus berteman dengan ulat serta menjaga kepompong-kepompong baru yang esok akan menjadi sahabat barunya.
Aq setuju dengan Setyo, jadilah qta kupu-kupu yang membuat tenteram lingkungan, yang membantu bunga-bunga berkembang biak, yang tetap menjadi shabat bagi kupu-kupu yang lain dan berbagi madu dari bunga yang sama…

3 03 2009
Agusxlv

Setuju ama mas Ludfi, tapi kalo berteman ama ulat abis semua daun dimakannya…..

4 03 2009
jokie

SAHABAT SEJATI,PERSAHABATAN….
ENAK DAN NYAMAN DIUCAPKAN,
TERASA HIDUP KITA RINGAN BILA PUNYA BANYAK SAHABAT SEJATI,
TAPI AGAK2 SUSAH DIJALANIN,
SAHABAT WAKTU SENANG (AKEH TUNGGALE),
SAHABAT SAAT SUSAH?(ITU HARAPAN KITA SEMUA)
MUGA AJA KITA BISA JADI SAHABAT SEJATI BAGI MOROPADMA KHUSUSNYA,AMINNN

4 03 2009
Wahyudi Wiwit

Tulisan dan tanggapan yang bagus, banyak istilah kalimat dan kata2 yang indah serta besar maknanya, namun sulit untuk dilaksanakan apabila belum adanya kesamaan sudut pandang, karakter dan tujuan.
Kupu2 memang indah dilihat namun kupu2 itu selalu terbang bebas mencari makan sendiri, berlindung sendiri, menghisap madu utk berkembang sendiri.
Mencoba utk mengandaikan 45ers adalah sebuah lebah madu yang mempunyai ratu (bukan kowal yo) yang;
Selalu bergerombol (bukan preman) bahu membahu membangun sarangnya, semakin besar sarang semakin kuat dan kokoh keberadaannya.
Menghasilkan madu yang semakin banyak madu dihasilkan semakin besar dan mudah utk memanfaatkannya (tergantung tujuan ratunya).
Selalu melindungi dan dilindungi antara ratu dan keluarganya.
Mudah mencari istilah perumpamaan memang, tapi itu kiranya gambaran yang ada.

Mencoba untuk mengingat kembali bahwa jumlah 45ers skrg paling banyak diantara yang lain, sebuah tantangan berat buat kita semua untuk bisa merealisasikan dan memeratakan. Namun keyakinan itu ada dan bisa, dari tulisan dan komentar yang ada maupun dari kehidupan sehari2 selalu memotivasi dan membangun.
Semoga apa yang dipikirkan dan dituliskan memang dari dalam hati serta punya niatan membangun untuk kita semua.

Ya.. gitu dech… tengkyu

5 03 2009
Ridwan

Jadilah kopompong yang baik pasa saat jadi kepompong.
jadilah kupu kupu yang baik pada saat jadi kupu kupu.karna semua akan terasa indah bila proses ” METAMORFOSA” ini berlangsung sempurna.oleh karna itu pada saat jadi kepompong makanan nya daun bukan madu…..nanti kalau sudah jadi kupu kupu baru makan nya madu…jadi jangan sebalik nya…bisa merusak proses metamorfosa,,,,,,dan segalanya termasuk PERSAHABATAN….( BRAVO…MOROPADMA )

6 03 2009
agungtoinks

salut2x sun.hanya satu dari saya kalau boleh saya berkomentar. “BANYAK2X BERSYUKUR”.

13 03 2009
harton

waduh semuanya dah dibilangin ame temen2.kalau gitu?????aku komen apa yaaaa….oh iya yg penting dimana kita menanam kebaikan maka hasilnya akan baik juga gitu…tapi ngomong2 yg jd kepompong di foto itu yg mana….?
Manusia hidup pasti tidak lepas dari rasional,etika dan estetika nah itu yg harus kita pelajari dan perjuangkan ok guys.

13 03 2009
balinavy

Wah, mas harton bisaa ajaa (kaya tawa sutra, nih)…. pake tanya kepompong segala. Kepompong kupu-kupu, ………..
Cobalah untuk “Think positives” ya guys. Berpikir positif dimanapun, mudah-mudahan hasil positif pula yang akan datang kepada kita. Begitu pula di persahabatan.. Tks.

28 05 2009
Rahab

“SAHABAT”
Emank si, sahabat i2 paling asyik.
Sahabat 2 adalah saudara t’dekat. Bener kn???
Maunya jga punya sahabat ynk slalu ada saat Q-ta susah atau senank sx pun.
Q s7, dengan adanx sahabat, yai2 tadi, kalau kepompong (jelek) biza jadi ulat (geli) tapi akhirnx jadi kupu2 (Sangat indah).
“SAHABAT” ???
So sweet…..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: